Berita Sepakbola Terbaru Nasional dan Internasional

Berita Liga Inggris, Liga Spanyol, Liga Italia dan Nasional Terbaru

Timor Leste Kena Sanksi AFC

fftl

JAKARTA – Federasi Sepakbola Timor Leste (FFTL) akhirnya mendapat sanksi dari komisi disiplin Konfederasi Sepakbola Asia (AFC). Sanksi diberikan terkait pemalsuan dokumen terhadap 12 pemain yang di naturalisasi Timor Leste. Uniknya ke -12 pemain tersebut semua berasal dari Brasil dan beberapa ada yang pernah merumput di Liga Indonesia.

Kasus tersebut bermula sejak Timor Leste memainkan pemain naturalisasi pada babak play-off kualifikasi Piala Asia 2019 tanggal 2 dan 6 Juni 2016. AFC mencium ketidakberesan terkait dokumen sah dari para pemain naturalisasi.

Dari hasil penyelidikan itu, teridentifikasi 12 pemain kelahiran Brasil, beberapa di antaranya pernah memperkuat klub-klub Indonesia, yang terdaftar dalam sistem administrasi AFC telah memalsukan kelahiran atau sertifikat baptis Timor Leste mereka. Dokumen palsu itu berisi keterangan salah satu atau kedua orang tua mereka memang lahir di Timor Leste. Sehingga diharapkan bisa memperkuat timnas Timor Leste.

Tapi akhirnya dalam penyelidikan tak ditemukan keabsahan kewarganegaraan Timor Leste dari para pemain itu. Sembilan dari 12 pemain itu tercatat sudah memperkuat Timor Leste dalam 29 pertandingan di bawah yurisdiksi AFC, dan tujuh laga di bawah naungan FIFA.

SIMAK JUGA: Timor Leste Belum Mau Menyerah

Sanksi tegas pun akhirnya dijatuhkan AFC kepada FFTL. “Komite memerintahkan bahwa FFTL dikeluarkan dari Piala Asia 2023 dan didenda 20 ribu dollar AS. Komite juga memerintahkan bahwa Amandio dilarang dari kegiatan sepakbola terkait untuk jangka waktu tiga (3) tahun dan denda sembilan ribu dollar AS,” tulis AFC, dalam rilis resmi mereka.

“Komite kemudian memerintahkan, sehubungan dengan dua puluh sembilan pertandingan di mana pemain tidak memenuhi syarat yang dimainkan, bahwa FFTL kehilangan pertandingan mereka dan didenda 56 ribu dollar AS, dengan masa percobaan dua (2) tahun.”

Selain itu, komdis AFC juga menjatuhkan denda kepada Gelasio sebesar tiga ribu dollar AS. Bahkan juga meminta FIFA untuk memperkuat putusan itu terhadap Amandio agar memiliki efek ke seluruh dunia, selain memberitahukan bahwa FFTL telah memainkan pemain yang tidak memenuhi syarat dalam tujuh pertandingan FIFA.

Tags:
About

POST YOUR COMMENTS